ku berjuang sampai akhirnya Kau dapati aku tetap setia

Saturday, May 28, 2011

Orang Bisa Berubah dari...

Orang Bisa Berubah dari...
Tingkah laku orang, sifat orang bisa berubah karena beberapa hal :
Informasi
Tingkah laku orang bisa berubah dari informasi yang mereka peroleh. Bisa dari membaca buku, dari media cetak maupun elektronik. Bisa informasi dari orang-orang. Tapi biasanya tidak bertahan lama.
Formasi
Tingkah laku orang bisa berubah dari formasi, yaitu sistem yang mengarahkan. Bisa lewat jalur pendidikan sekolah. Bisa lewat pendampingan dalam keluarga. Dari keluarga kita didik cara bertingkah laku yang baik. Lewat sekolah kita diajarkan beberapa norma-norma baik yang tak tertulis dan tertulis yang dapat membentuk tingkah laku kita.
Pengalaman pahit
Dari pengalaman pahit, biasanya dapat merubah tingkah laku orang secara drastis. Misal dari yang dulunya manja apa-apa ada, lalu menjadi orang yang nrimo dan mau bekerja karena sebuah pengalaman pahit yang sedang diterimanya.
Kalau dari informasi, formasi, dan pengalaman pahit tingkah laku orang tidak berubah juga. Ya, itu namanya ndableg. Contohnya seperti tadi pagi, pegawai Depag yang menceritakan waktu dulu masih bertugas di lembaga pemasyarakatan di Gunung Kidul. Ada satu orang yang sudah 5 kali keluar masuk Rutan. Wah kalau orang seperti itu memang ndableg tenan. Lalu pertanyaan buat kita renungkan, apakah kita harus menunggu pengalaman pahit datang menghampiri kita agar tingkah laku kita berubah? Semoga kita tidak menjadi orang yang ndableg.
-siGal-(inspirasi dari homili sabtu malam 280511)

No comments:

Total Pageviews

Persembahan Hati

Mentega dengan Roti