ku berjuang sampai akhirnya Kau dapati aku tetap setia

Friday, July 1, 2011

namaku Galih pakai h

Untung namaku Galih pakai h. Coba kalau Gali. Arti nama Gali menurut kamus besar bahasa Indonesa adalah :
1. gabungan anak liar; pencoleng; penodong; perampok
(wau mantap...tapi untung sekali lagi namaku galih pakai h)
2. Gali : membuat lubang di tanah mengambil (mengeluarkan) sesuatu dr dalam tanah dng membuat lubang. Nah ini yg paling mirip gali...gali lubang nutup lubang...hahaha

Definisi GALIH menurut kamus besar bahasa indonesia :
1. teras kayu yg keras dan berwarna hitam krn tuanya
(lha ini yg agak pas...tapi kenapa nyangkut-nyakut tua dan berwarna hitam ya ihik's..ihiks)

Dalam bahasa Jawa GALIH mempunyai makna sebagai perasaan terdalam seseorang. Berasal dari kata penggalih sebuah kata krama inggil (kata dalam strata tertinggi dalam bahasa Jawa) yang berarti perasaan, rasa, kalbu. Umar Kayam dalam Para Prijaji menggunakannya sebagai sebuah simbolisasi (sanepan) dalam nama sebuah desa yaitu Wanagalih . Wana yang merujuk pada hutan dan galih pada perasaan terdalam. Bukankah belantara hutan identik dengan pohon-pohon besar dengan galih yang berlapis-lapis karena waktu?
Sebagai sebuah lapis terdalam dalam diri seseorang, galih tentu juga menjadi simbolisasi tentang betapa sebuah perasaan terdalam kuat atau lemahnya terbentuk oleh usia. Usiapun tidak harafiah berarti umur biologis. Lapis terdalam inilah yang menjadi patokan untuk menilai kualitas. Berkait dengan pohon, GALIH menjadi ukuran untuk menilai kualitas kayu yang bagus dan tidak. Untuk orang, GALIH juga menjadi alat ukur kebijakan dan kedewasaan orang seorang dalam menghadapi hidup dan kehidupan. Dan karena saya dilahirkan dari jawa maka arti kata dari bahasa jawalah yang dipilih. Dengan nama Galih Wira Hadi dengan arti perasaan, rasa, kalbu (Galih) berani (Wira) berbuat baik (Hadi) apapun resikonya. Tapi coba kalau galihnya tidak pakai h, maka artinya gabungan anak liar; pencoleng; penodong; perampok yang berani berbuat baik (wah jd kayak robin hood hehehe)
Tapi yang pasti namaku Galih pakai H. Dan sebagai penutup mengutip kata temanku GBU (Galih Bless U) hehehe
-siGal-

No comments:

Total Pageviews

Persembahan Hati

Mentega dengan Roti