ku berjuang sampai akhirnya Kau dapati aku tetap setia

Thursday, June 2, 2011

"Sop, Soto atau Oseng-oseng?"

"Sop, Soto, atau Oseng-Oseng Mie?"

"Mbok, ada soto tidak?" Tanya seorang pembeli kepada seorang penjual warung. "Wah tidak bikin soto hari ini, kali ini menunya sop. Apakah mau beli sop aja?" Sahut sang penjual. "Tidak mbok, ini lagi pengen soto," sembari melangkah pergi. Sore hari ada orang lagi yang masuk ke warung simbok mau beli sop dengan tempe dan sambel. "Waduw maaf mas, sopnya sudah habis. Ini hanya tinggal sambel dan tempenya aja." kata simbok. "Yaa, yasudah mbok, saya tak cari warung lain aja."
Di lain hari ketika si simbok penjual warung membuat menu soto. Ada beberapa orang yang kecele mau beli sop. Maaf hari ini menunya soto, ungkap simbok mengulang beberapa kali kepada pembeli yang kecele. Sampai sore hari tenyata sotonya tidak habis.
Keesokan harinya simbok bingung mau bikin menu apa soto atau sop. Akibat kelamaan mikir dan bingung mau bikin menu apa, akhirnya simbok kesiangan ke pasar sampai di pasar bahan-bahan sayuran yang dicari sudah tidak ada. Simbok marah pada dirinya kenapa tadi tidak langsung diputuskan mau buat apa menu hari ini. Diapun pulang meninggalkan pasar. Belum jauh dia melangkah ada pendagang yang berteriak "mbok ini ada mie, apakah simbok mau beli?" Simbok menghentikan langkahnya dan menghampiri si pedagang. Ya, aku tak beli, daripada warungku tidak menjajakan menu masakan. Akhirnya hari itu simbok membuat menu oseng-oseng mie. Tak disangka dan tak diduga ternyata banyak pembeli yang suka dengan oseng-oseng mie. Jam di warung makannya yang menunjukan pukul 2 siang, menu oseng-oseng mienya sudah habis. Sore hari sudah tutup, sambil menutup warungnya simbok berencana memberi nama warungnya dengan nama Nesu Mulih. Nama itu dipilih dari melihat para pembeli yang kecele dengan menu yang dijajakan. Dikala pembeli mau beli soto, eh ternyata yang dijual sop. Dikala mau beli sop eh ternyata menunya soto. Ditengah lagi lapar-laparnya ternyata menunya habis. Pasti ada kekecewaan dari pembeli yang pulang akibat menu yang dicari tidak ada. Simbokpun juga sempat nesu dengan dirinya dan sempat mau pulang ke rumah dengan tanpa membawa belanjaan. Esok harinya simbok bingung lagi mau bikin menu apa, sop, soto atau oseng-oseng mie? Simbok belajar dari pengalaman kemarin, dengan keputusan yang cepat simbok memutuskan mau bikin menu Sayur Asem.
" Ditengah keputusasaan selalu ada hal lain yang tanpa kita duga."
-siGal- (inspirasi sms mbak momon dan pengalaman pagi ini)

No comments:

Total Pageviews

Persembahan Hati

Mentega dengan Roti