ku berjuang sampai akhirnya Kau dapati aku tetap setia

Monday, July 4, 2011

Andai Mbah Rono jadi Presiden

Sosoknya mulai sering muncul ketika erupsi gunung Merapi terjadi. Setiap berita di televisi ada wawancara dengan beliau. Setiap berita di media cetak selalu ada analisis beliau. Ketika gunung Merapi telah reda erupsinya, bukan berarti beliau jarang tampil di televisi. Indonesia itu terkenal dengan banyaknya gunung api yang masih aktif. Jadi ketika gunung yang satu telah selesai erupsinya, gunung api lainnya baru mulai proses erupsinya. Lihat saja, setelah kawah Timbang, disusul gunung Soputan dan Semeru yang erupsi. Tak pelak sosok beliau juga kembali tampil di media tuk memberikan informasi. Boleh dibilang sosok beliau yang tak kenal lelah jika sedang menghadapi gunung yang lagi erupsi. Jika mbah Rono jadi presiden tentu paham bahwa masalah di Indonesia sangat banyak. Satu terselesaikan, muncul lagi yang lainnya. Yang pasti beliau tidak akan mengeluh tentang persoalan atau hal-hal kecil, seperti berkeluh kesah tentang gaji atau menanggapi sms yang tidak penting.
Instruksi mbah Rono mengenai status gunung harus ditaati, tak peduli presiden, gubenur, bupati, panglima TNI, Polisi sampai rakyat harus tunduk pada perintahnya. Jika daerah itu harus dikosongkan ya harus manut. Beliau juga bertanggung jawab menaikan dan menurunkan status dari sebuah gunung api, mulai dari level normal, waspada, siaga sampai awas. Mungkin jika mbah Rono jadi presiden kasus eksekusi pancung Ruwiyati tidak akan terjadi, beliau dengan sabar akan memantau dan memberikan bantuan kasus Ruwiyati seperti memantau gunung api yang lagi erupsi. Setelah beberapa kali sidang, keputusan, banding, keputusan dan eksekusi akan terus diikutinya, seperti memantau siesmograf. Dan ketika vonis dijatuhkan tentu akan segera melakukan pembelaan.
Satu ungkapan beliau ketika gunung Merapi sedang erupsi "kita ikuti kemauan gunung merapi saat ini" Andai presiden bisa mengatakan "kita turuti kemauan rakyat saat ini" seperti kata mbah Rono. Tetapi sayang pemerintah sekarang lagi tuli, jadi tidak bisa mendengarkan suara rakyat.
Kalau boleh ditanya kondisi bangsa Indonesia menurut status gunung api, apa jawabannya mbah Rono ya? Mungkinkah status siaga atau jangan-jangan sudah masuk level awas?
Ya, andai saja mbah Rono jadi presiden?
-siGal-

No comments:

Total Pageviews

Persembahan Hati

Mentega dengan Roti