ku berjuang sampai akhirnya Kau dapati aku tetap setia

Saturday, August 6, 2011

Ada doa dari kami buat saudara-saudari kami yang lagi menjalankan ibadah puasa

Tak terasa hampir satu mingggu saudara-saudari kami yang muslim menjalankan ibadah puasa. Suasana yang sungguh berbeda ketika memasuki bulan Ramadhan, seperti jalan-jalan yang dulunya sepi menjadi ramai di sore hari. Banyak penjual yang berderet-deret menjajakan menu buka puasa. Ketika sore jam tiga para pedagang sudah menjajakan jualannya. Mau apa saja, semua menu rasanya ada tinggal pilih saja. Dan suasana jajanan sore itu, buat aku yang tak berpuasapun ikut meramaikan wisata kuliner tiap kali senja datang.

Hari Jumat kemarin, jika saudara-saudara kami yang muslim siangnya sholat Jumat di masjid, bagi kami yang Nasrani jumat kemarin merupakan jumat pertama dalam bulan. Jumat pertama secara khusus digunakan bagi kami yang Nasrani untuk berdoa secara khusus kepada Hati Kudus Yesus. Biasanya diadakan misa tiap pagi atau sore hari.

Jumat kemarin kebetulan saya misa Jumat pertama di Gereja St.Antonius Kotabaru. Saya lewat di di depan Masjid Syuhada Kotabaru, menjelang sore semakin ramai orang beraktivitas di dalam tempat ibadah itu. Setelah alunan orang membaca Al Quran selesai, terdengar dari luar acara dilanjutkan dengan bedah buku.

Tak jauh dari Masjid itu berdiri gereja Kristen HKBP, sebuah sepanduk yang menempel di pagar gereja yang bertuliskan, "Selamat Menjalankan Ibadah Puasa dari jemaat HKBP" terpampang jelas dari pinggir jalan. Sebuah sapaan dan ucapan bagi saudara-saudara yang lagi menjalankan ibadah puasa.

Dan tak jauh dari kedua tempat ibadah itu berdiri gereja Katolik St.Antonius Kotabaru. Disitulah tempatku merayakan Ekaristi sore itu. Ketika waktunya doa Syukur Agung (Doa yang paling utama dalam perayaan ekaristi) yang dipimpin oleh Romo teruntai sebuah doa bagi saudara-saudara kami yang saat ini lagi menjalankan ibadah puasa.

Ya..Rasa bersyukur atas suasana damai yang boleh kami rasakan, atas kebersamaan yang sudah terjalin baik selama ini. Semoga akan terjalin terus selamanya. Dan doa dari kami, agar saudara-saudari kami dapat menjalankan ibadah puasa dengan penuh hikmah, dan pada akhirnya dapat kembali ke fitrahnya.
Selamat menjalankan ibadah puasa.
-siGal-

No comments:

Total Pageviews

Persembahan Hati

Mentega dengan Roti