ku berjuang sampai akhirnya Kau dapati aku tetap setia

Tuesday, February 28, 2012

Bencana dan kita

Ziemia Pictures, Images and Photos

Musim
Ketika musim kemarau, selalu dihadapkan dengan bencana kekeringan. Sumber-sumber air menjadi kering, banyak daerah yang kekurangan air.

Ketika musim penghujan, dihadapkan dengan bencana banjir dan tanah longsor.

Ketika saat pergantian musim, dihadapkan dengan bencana angin puting beliung dan hujan disertai angin kencang.

Ring of fire
Karena bangsa ini termasuk dalam barisan cincin api, maka seringkali di berbagai daerah dihadapkan dengan bencana erupsi gunung berapi.

Terdapat tiga lempeng
Karena bangsa ini terdapat pertemuan tiga lempeng tektonik, maka jangan heran jika bencana gempa bumi sewaktu-waktu bisa sering terjadi.

Transportasi
Karena bangsa ini sistem transportasinya amburadul, jangan heran jika tiap hari selalu terjadi kecelakaan.

Padat penduduk
Karena semakin padatnya jumlah penduduk yang bermukim di kampung-kampung, maka tak heran jika bahaya kebakaran sering mengancam.

Kemiskinan
Karena uang yang seharusnya untuk rakyat miskin dan untuk alokasi pembangunan infrastruktur banyak yang dikorupsi, maka jangan heran jika masih melihat anak-anak harus menyebrang sungai dengan pakaian basah, melihat jembatan roboh, jalan rusak, gedung sekolahan banyak yang rusak, rakyat masih ada yang makan nasi aking.

Dari alam bangsa ini sudah diajar dengan berbagai macam bencana. Jangan tambah lagi bencana di negeri ini akibat ulah dan tingkah laku kita. Kemerosotan moral yang mengakibatkan semakin banyaknya orang korupsi, budaya kekerasan dan main hakim sendiri, pembunuhan, pengerusakan. Dan bencana terbesar di negeri ini tanpa disadari justru datangnya bukan dari alam, melainkan dari perilaku kita sendiri. Korupsi yang semakin merajalela akan membunuh nasib generasi yang akan datang.





No comments:

Total Pageviews

Persembahan Hati

Mentega dengan Roti