ku berjuang sampai akhirnya Kau dapati aku tetap setia

Friday, June 28, 2013

Bahan Pengajaran dan Kreativitas Sekolah Minggu 21 Juli 2013 PIA Kumetiran "Maria dan Martha"

Minggu Biasa XVI tahun C
Tema                    : Maria dan Martha
Bacaan Injil         :  Lukas 10:38-42
Ayat Hafalan        : “Aku suka dekat pada Allah, aku menaruh tempat perlindunganku pada Tuhan Allah” (Mazmur 72:28)

Penjelasan :
Ketika Yesus tiba di rumah sahabtnya Maria dan Martha, Ia diterima dan dilayani sangat baik oleh keduanya. Maria memilih untuk duduk dan mendengarkan pengajaran dari Yesus sedangkan Martha sibuk melayani Dia dengan melakukan banyak tindakan.

Memahami tujuan :
-          Anak diajarakan bahwa Yesus datang bukan untuk dilayani, melainkan untuk mengajarkan hal-hal yang baik.

Aksi        :  anak diajak melakukan hal yang mendorong mereka untuk dekat dengan Tuhan, yaitu dengan membaca dan mendengarkan firman Tuhan setiap hari. (membaca Kitab Suci Setiap hari)

Pendalaman materi :

Suatu hari dalam perjalanan Yesus ke daerah, tibalah Ia di sebuah kampung dimana Maria dan Martha  sahabatnya berada. Yesuspun singgah di rumah mereka. Kedua saudara ini sangatlah bergembira karena kedatangan  Tuhan Yesus. Mulailah Martha menyiapkan segala sesuatu untuk menyenangkan Yesus. Sedangkan Maria duduk diam dekat Yesus dan mendengarkan pengajaranNya.
Melihat kejadian ini, Martha menjadi marah dan kesal  karena ia tidak melihat Maria akan membantunya, menyiapkan makanan untuk Yesus. Karenanya Ia minta kepada Yesus supaya menyuruh Maria untuk membantunya. Yang terjadi , Yesus malah menegur Martha supaya tidak kuatir dan menyusahkan diri dengan banyak perkara, tetapi satu saja yang perlu : Maria telah memilih bagian yang terbaik yang tidak akan diamabil dari padanya.


Alat Dan Bahan :
- Gambar Yesus, Maria dan Martha
- kertas BC
- spidol, atau pewarna lainnya
- lem
- gunting

No comments:

Total Pageviews

Persembahan Hati

Mentega dengan Roti