ku berjuang sampai akhirnya Kau dapati aku tetap setia

Friday, July 26, 2013

Menikmati Golden Sunrise Di Bukit Sikunir Dieng

      
         
             Langit tampak cerah, bintang-bintang di langit tampak indah sekali menghiasi suasana menjelang pagi di daerah pegunungan Dieng. Berselimutkan hawa dingin pegunungan Dieng, langkah kaki kami akhirnya sampai di kaki bukit Sikunir desa Sembungan Dieng (2200mdpl). Desa Sembungan merupakan desa yang letaknya paling tinggi di pulau Jawa. Di pelataran parkir sudah nampak beberapa kendaraan roda empat dan roda dua dari para wisatwan yang hendak menikmati sunrise dipuncak bukit Sikunir. Karena hari masih gelap, maka kami harus berjalan menggunakan penerangan seperti senter. Bagi para pengunjung yang lupa membawa senter, di tempat ini juga ada penyewaan senter. Langkah kaki, setapak demi setapak menaiki jalan menanjak yang sudah cukup lumayan baik. Pijakan bebatuan yang disusun membantu para pengunjung menapaki bukit sikunir. Setelah berjalan kurang lebih 15 menit, akhirnya sampailah di lokasi pertama tempat untuk menikmati sunrise. 

                Pemandangan yang sungguh luar biasa indahnya, memandang ke arah timur tempat sang surya keluar dari peraduannya. Perlahan demi perlawan, awan-awan putih mulai bercahaya terkena sinar matahari. Mulai dari warna orange, lalu berubah menjadi warna kuning dan berubah menjadi warna kuning keemasan. Dan akhirnya sang surya perlahan demi perlahan menampakan diri dengan indahnya. Menghalau gelap daerah sekitarnya menjadi terang. Tak salah jika daerah ini terkenal dengan golden sunrisenya, memang sungguh warna emas dari awan di langit yang dapat kita saksikan saat matahari mulai terbit. Sembari perlahan-lahan mentari yang mulai naik, di ufuk tenggara dapat terlihat gunung Merapi yang sedang mengeluarkan asap solfataranya, bersanding dengan gunung Merbabu. Sementara di samping kiri bukit Sikunir terpampang gunung Sumbing dan Sindoro berdiri dengan gagahnya. Sungguh pemandangan yang luar biasa indahnya, makanya tempat ini disebut-sebut sebagai tempat terbaik di dunia dalam menikmati sunrise.  

                    Puas menikmati sunrise dan berfoto, janganlah lalu turun. Tetapi beranjaklah menuju ke puncak bukit sikunir. Dari titik pertama pengamatan, kita berjalan kurang lebih lima menit, kita akan mencapai puncak bukit Sikunir. Di puncak bukit ini pemandangan sungguh luar biasa indahnya. Di tempat ini banyak sekali puncak-puncak bukit yang dapat dijadikan kita, dalam menikmati keindahan sekitar bukit Sikunir. Di lokasi ini kita dapat berfoto seakan-akan kita dapat menyentuh gunung Sumbing. Di tempat ini kita bisa melihat telaga Cebog dari atas yang sungguh luar biasa indahnya. Jejeran pegunungan Dieng yang hijau, serta di kaki-kaki bukit hamparan tanaman sayur milik penduduk seakan memanjakan mata kita. Mentari yang mulai terik seakan memberi isyarat pada kita untuk melanjutkan perjalanan ke tempat wisata selanjutnya yang masih ada di kawasan pengunungan Dieng. Rasanya belum lengkap ke Dieng jika belum menikmati golden sunrise di bukit Sikunir. 

“Gunakanlah waktu libur kita untuk menikmati indahnya gunung, hutan, dan pantai”

No comments:

Total Pageviews

Persembahan Hati

Mentega dengan Roti