ku berjuang sampai akhirnya Kau dapati aku tetap setia

Tuesday, July 16, 2013

Pantai Pok Tunggal





Pernah melihat pemandangan samudera Hindia dari atas ujung bukit yang terjal seperti yang ada di Pura Luhur Ulu Watu di Bali? Setiap orang  yang pernah ke Pura Luhur Ulu Watu tentu akan terkesan dengan lokasi Pura yang terletak diujung tebing, serta terkesan dengan pemandangan samudera Hindia dari atas bukit. Pemandangan tebing-tebing terjal, serta hempasan gelombang laut yang silih berganti menerjang bukit tentu sebuah kenangan dan pemandangan yang tak terlupakan. Ingin pergi kesana lagi, namun jarak dan biaya yang cukup besar yang menjadi penghalang? Tenang saja, kini ada obyek wisata pantai yang ada di kabupaten Gunung Kidul, yang menawarkan pemandangan seperti yang ada di pura luhur Uluwatu. Nama pantainya yaitu pantai Pok Tunggal.
Pantai ini merupakan satu rangkaian dari obyek wisata pantai yang sudah terlerbih dahulu terkenal seperti pantai Baron, Kukup dan Krakal. Jaraknya kurang lebih 300 meter dari pantai Indrayanti.  Sebuah papan penunjuk yang dibuat seadanya yang terletak di kanan jalan akan menghantar pengunjung menuju lokasi wisata pantai Pok Tunggal. Dengan menyusuri jalan setapak yang masih belum diaspal serta pemadangan kanan-kiri ladang penduduk  membuat perjalanan tambah mengasyikan. Kurang lebih 10 menit, akhirnya sebuah pemandangan laut lepas dapat kita nikmati.
Pemandangan tebing terjal  dan tinggi memanjang disebelah timur , dan sebelah selatannya laut lepas yang sunggguh indah. Pemandangan akan terasa indah dan menyerupai pemandangan saat kita berada di Ulu Watu Bali, dengan cara pengunjung  naik ke atas bukit yang cukup tinggi. Kurang lebih 10 menit perjalanan dari bawah dapat kita tempuh dengan berjalan menyusuri pinggir bukit. Jembatan yang terbuat dari bambu  akan mengantar pengunjung mencapai ujung bukit, dan untuk berjalan diatas susunan bambu, pengunjung harus berhati-hati agar tidak terpeleset. Rasa lelah menaiki bukit, akan segera sirna dengan pemandangan yang cukup indah dari atas bukit. Di atas bukit sudah dibuatkan dua buah gardu, sebagai tempat untuk beristirahat. Dari atas bukit kita dapat melepaskan pandangan mata ke arah selatan berupa hamparan laut lepas. Memandangan ke arah barat dapat melihat jajaran batu karang yang menjorok ke pantai.  Serta yang tak kalah indanhya memandang gelombang laut yang silih berganti  datang menghempas pantai dari atas.
Fasilitas di pantai Pok Tunggal juga sudah lengkap, homstay, warung makan, sarana kamar mandi sudah banyak tersedia. Jika pengunjung ingin menikmati pantai sudah disediakan fasilitas payung pantai serta satu lembar alas dengan membayar Rp.25.000,00. Jadi saat kita kangen dengan suasana Uluwatu cobalah pantai Pok Tunggal sebagai salah satu alternatif liburan kita.
“Gunakanlah waktu libur kita, untuk menikmati indahnya pantai, hutan dan gunung.”












 










No comments:

Total Pageviews

Persembahan Hati

Mentega dengan Roti