ku berjuang sampai akhirnya Kau dapati aku tetap setia

Monday, November 4, 2013

Mencicipi Kuliner Khas Yang Ada Di Kendari


Mencicipi Kuliner Khas Kendari
1. Sate Pokea dan Gogos
Pokea nama kerang air tawar di daerah Kendari, sate ini terdiri dari empat potong daging kerang yang diberi bumbu yang agak pedas. biasanya disantap bersama gogos (sejenis lemper tanpa ada isi yang dibakar). lebih mengherankan juga masyarakat sana makan satenya dengan sekali tarik, empat potong daging kerang langsung bablas masuk ke perut, tak takut kena tusuk itu mulut hehehe... saya makannya satu daging baru masuk perut....

 2. Pisang Epe
Pisa kepok yang dibakar setengah matang, lalu dijepit hingga pipih lalu dibakar lagi. stelah cukup matang baru pisang disajikan dengan disiram dengan lelehan gula merah. untuk rasa coklat diberi susu coklat dan untuk rasa keju taburan keju siap tersaji diatas pisang epe. makanan ini berasal dari Makassar, namun banyak dijumpai di kendari.

3. Minuman Sarabba
minuman dengan bumbu dasar jahe, gula aren, santan. rasa jika meminum sarabba hangat seperti kalau kita minum serbat di daerah jawa, biasanya cocok disajikan dengan pisang epe
4. Sinonggi
makanan khas Kendari berbahan dasar sagu, seperti papedanya milik orang papua. Sinonggi biasanya diletakan di dalam mangkok yang cukup besar. sebelum orang mulai menaruh racikan sinonggi tersebut didalam piring. terlebih dahulu piring yang akan kita gunakan untuk makan kita taruh dan racik sendiri dengan kuah ikan bersama pelengkap lainnya seperti jeruk nipis. baru setelah itu kita ambil adaonan sinonggi dengan dua sumpit ditangan kanan dan kiri. lalau mulailah kedua tangan menari membuat bulatan sinonggi. awalnya memang sulit untuk membuat bulatan sinonggi yang cukup besar didalam putaran sumpit. setelah bulatan sinonggi yang ada didalam sumpit terbentuk, barulah ditaruh di piring yang telah diberi kuah ikan. potong kecil-kecil sinonggi yang ada didadalam piring, campur dengan kuah ikan, lalu mualilah telan sinongginya, tanpa dikunyah langsung ditelan, wuiihhh yamiie....memang wujudnya seperti lem kanji, naum rasanya begitu enak jika dicampur dengan kuah ikan.
5. Pisang Goreng pakai sambel
di Jogja atau di Jawa mungkin aneh rasanya makan pisang goreng dengan cocolan sambel. namun jika kita berkunjung ke Kendari, jangan heran jika kita disajikan pisang goreng dengan cocolan sambel. bukan hanya pisang goreng, namun limpung (Jawa) ketela goreng dengan tepaung juga dimakan dengan cocolan sambel.





No comments:

Total Pageviews

Persembahan Hati

Mentega dengan Roti