ku berjuang sampai akhirnya Kau dapati aku tetap setia

Saturday, February 8, 2014

Bahan Kreativitas Sekolah Minggu "Yesus Dimuliakan DI Atas Gunung" 16 Maret 2014 PIA Kumetiran

Hari Minggu Prapaskah II Tahun Liturgi A/II
Bacaan Matius 17 : 1-9
Tema : Yesus, Musa Dan Elia



Adik-adik siapa di sini yang pernah melihat gunung? Coba sebutkan gunung apa saja yang diketahui..?
Siapa yang besok kalau sudah besar ingin naik gunung...? 
Adik-adik sabda Tuhan hari ini juga mengisahkan Yesus yang naik gunung bersama murid-muridnya. Yesus naik gunung Tabor namanya, Yesus naik bersama ketiga muridnya...yaitu Petrus, Yakobus dan Yohanes. Adik-adik mau tidak menemani Yesus yang sedang naik gunung? Kita temani Yesus yang sedang naik gunung dengan lagu “Kudaki-daki“ ya...

Kudaki, daki, daki, daki gunung yang tinggi
Kuturun, turun, turun, turun lembah yang dalam
Kuterbang, terbang, terbang, terbang luas angkasa
Yesus besertaku
Di kanan Kau ada
Di kiri Kau ada
Di atas dan di bawah Kau pun ada
Di suka Kau ada
Di dukapun Kau ada
Karna Yesus besertaku

Capek tidak adik-adik? Iya naik gunung itu pasti capek... Seperti biasanya Tuhan Yesus selalu mencari tempat yang sunyi dan sepi untuk berdoa. Contoh tempat yang sunyi itu seperti gunung. Namun kali ini Tuhan mengajak ketiga muridNya, bukan tanpa maksud. Tuhan Yesus ingin memberikan sebuah pesan kepada murid-muridNya, agar lewat peristiwa yang akan terjadi di gunung Tabor ini, kelak para murid dapat memahami wafat dan kebangkitan Tuhan Yesus.

Adik-adik setelah berjalan lama, akhirnya sampailah mereka ke puncak gunung.  Sesampainya di puncak gunung, Yesus berubah rupa...wajahNya bercahaya seperti matahari dan pakainNya bersinar seperti terang. Ketiga muridNya sangat kagum...bersamaan dengan itu munculah  di samping Tuhan Yesus, Nabi Musa dan Nabi Elia. Nabi Musa dan Nabi Elia berbicara kepada Tuhan Yesus.  Karena melihat ketiga orang yang begitu mereka kenal dan ketahui, maka Petrus berkata kepada Tuhan Yesus,”Tuhan betapa bahagianya kami berada di tempat ini, jika Engkau mau, biarlah kudirikan disini  tiga kemah, satu untuk Engkau, satu untuk Musa dan satu untuk Elia.” Namun belum sempat Tuhan Yesus menjawabnya....tiba-tiba turunlah awan yang terang menaungi mereka dan dari awan itu terdengar suara Allah Bapa : “Inilah AnakKu yang Kukasihi, kepadaNyalah Aku berkenan, dengarkanlah Dia.” Ketiga murid sangat takut adik-adik karena belum pernah mengalami peristiwa dimana Allah berkata langsung kepada mereka. Ketiga muridpun jatuh tersungkur.
Lalu apa yang selanjutnya terjadi adik-adik...? saat ketiga murid jatuh tersungkur, Tuhan Yesus datang mendekati mereka dan membangunkan mereka sambil berkata : “ Berdirilah, jangan takut!”
Ketiga muridpun bangun dan mengangkat kepala mereka, dan yang dilihatnya hanya Tuhan Yesus sendiri. Nabi Musa dan Nabi Elia yang tadi dilihat bersama-sama dengan Tuhan Yesus, ternyata sudah tidak ada.
Setelah itu, Yesus bersama ketiga muridNya pun turun gunung... dalam perjalanannya Yesus berpesan untuk tidak menceritakan peristiwa yang telah dialaminya kepada seorangpun, sebelum anak Manusia dibangkitkan dari antara orang mati. 

Adik-adik untuk mengingat cerita yang telah kakak ceritakan tadi, kita akan membuat kreativitas tentang kisah Yesus bersama Musa dan Elia di gunung ya... nanti jika kreativitasnya sudah jadi adik-adik bisa menceritakan kembali di rumah. Kita ceritakan kembali kepada Orang tua kita, kakak dan adik kita serta teman-teman kita.
 


Alat Peraga Buat Cerita Yesus Dimuliakan di atas gunung
gambar mewarnai "Yesus Dimuliakan Di Atas Gunung"
kreativitas lain dengan tema "Yesus, Musa dan Elia"

No comments:

Total Pageviews

Persembahan Hati

Mentega dengan Roti