ku berjuang sampai akhirnya Kau dapati aku tetap setia

Tuesday, February 11, 2014

Bahan Kreativitas Sekolah Minggu 23 Maret 2014 PIA Kumetiran

Hari Minggu Prapaskah III tahun A/II
Tema : "Percakapan Yesus dengan Perempuan Samaria
Bacaan : Yohanes 4 : 5-42
Ayat Emas : "barangsiapa minum air yang akan Kuberikan kepadanya, ia tidak akan haus untuk selama-lamanya. Sebaliknya air yang akan Kuberikan kepadanya, akan menjadi mata air di dalam dirinya, yang terus-menerus memancar sampai kepada hidup yang kekal."



Adik-adik siapa yang ada di sini yang pernah diajak berpergian jauh sama orang tua kita?
Kalau boleh tau kemana saja ya?
Adik-adik coba diingat jika orang tua kita mau mengajak berpergian jauh, pasti orang tua mempersiapakan apa saja dibutuhkan selama kita berpergian. Apa saja yang dipersiapakan contohnya…
Iya makanan dan minuman pasti juga disiapakan oleh orang tua kita, agar selama dalam perjalanan adik-adik tidak kelaparan dan kehausan…
Adik-adik sabda Tuhan hari ini juga menceritakan Yesus yang melakukan perjalanan jauh bersama murid-muridnya. Sesampainya di kota Sikhar daerah Samaria, Yesus capek, lapar dan haus. Karena perjalanan jauh mereka kelaparan adik-adik, lalu murid-murid pergi untuk membelikan makanan bagi Yesus. Dan Yesus menunggu  para murid yang sedang membelikan makanan di sebuah tempat yang ada sumurnya, adik-adik… nama sumurnya, sumur Yakub. Ingat tidak adik-adik, siapa itu Yakub? Iya Yakub adalah orang tua dari Yusuf yang menjadi raja di Mesir. 
Yesus menunggu para murid di dekat sumur, agar jika ada orang yang mau menimba air, Yesus bisa minta air. Karena Yesus sudah kehausan. Lalu datanglah seorang wanita Samaria, yang hendak mengambil air di sumur. Kata Yesus kepadanya: "Berilah Aku minum." Maka kata perempuan Samaria itu kepada-Nya: "Masakan Engkau, seorang Yahudi, minta minum kepadaku, seorang Samaria?" (Sebab orang Yahudi tidak bergaul dengan orang Samaria.) Adik-adik wanita Samaria tadi merasa kaget dan heran kenapa seorang Yahudi berbicara dekat dan minta tolong kepada seorang Samaria, karena orang Yahudi tidak diperbolehkan bergaul dekat dengan orang-orang Samaria.
Jawab Yesus kepadanya: "Jikalau engkau tahu tentang karunia Allah dan siapakah Dia yang berkata kepadamu: Berilah Aku minum! niscaya engkau telah meminta kepada-Nya dan Ia telah memberikan kepadamu air hidup."
Kata perempuan itu kepada-Nya: "Tuhan, Engkau tidak punya timba dan sumur ini amat dalam; dari manakah Engkau memperoleh air hidup itu? Adakah Engkau lebih besar dari pada bapa kami Yakub, yang memberikan sumur ini kepada kami dan yang telah minum sendiri dari dalamnya, ia serta anak-anaknya dan ternaknya?"
Jawab Yesus kepadanya: "Barangsiapa minum air ini, ia akan haus lagi, tetapi barangsiapa minum air yang akan Kuberikan kepadanya, ia tidak akan haus untuk selama-lamanya. Sebaliknya air yang akan Kuberikan kepadanya, akan menjadi mata air di dalam dirinya, yang terus-menerus memancar sampai kepada hidup yang kekal."
Kata perempuan itu kepada-Nya: "Tuhan, berikanlah aku air itu, supaya aku tidak haus dan tidak usah datang lagi ke sini untuk menimba air."

Adik-adik, kita semua telah diberikan oleh Tuhan Yesus, air yang tidak akan membuat haus untuk selama-lamanya, kataNya Tuhan Yesus lagi, air yang kita terima akan menjadi mata air di dalam diri kita, dan akan terus memancar sampai kepada kehidupan kekal.
Tuhan Yesus telah memberikan diriNya untuk menebus dosa kita, lewat penebusanNya terpancarlah kerahiman atas diri manusia yang tak akan pernah habis. Walaupun kita sering berbuat salah dan dosa, Tuhan tak pernah jemu-jemu tuk mengampuni kita, menunggu kita tuk selalu bertobat.
Kasih Tuhan tak pernah habis sampai selama-lamanya…
Adik-adik tau lagu KasihNya seperti sungai, kita nyannyi sama-sama ya…
Kasih-Nya seperti sungai, kasih-Nya seperti sungai
kasih-Nya seperti sungai di hatiku
Mengalir di waktu susah, mengalir di waktu senang
kasih-Nya seperti sungai di hatiku

Berkat-Nya seperti sungai, berkat-Nya seperti sungai
berkat-Nya seperti sungai di hatiku
mengalir di waktu susah, mengalir di waktu senang
berkat-Nya seperti sungai di hatiku

Kuasa-Nya seperti sungai, kuasa-Nya seperti sungai
kuasa-Nya seperti sungai di hatiku
mengalir di waktu susah, mengalir di waktu senang
kuasa-Nya seperti sungai di hatiku
Tuk mengingat sabda Tuhan hari ini, kita akan membuat kreativitas Sumur Yakub ya…

Kreativitas : Membuat Sumur Ayat



2 comments:

Melisa Lie said...

Terima kasih idenya! Sangat menarik
God bless you

Unknown said...

👍...kreatif

Total Pageviews

Persembahan Hati

Mentega dengan Roti