ku berjuang sampai akhirnya Kau dapati aku tetap setia

Friday, May 16, 2014

Bahan Kreativitas Sekolah Minggu "Hari Raya Tritunggal Mahakudus" 15 Juni 2014 PIA Kumetiran

Hari Raya Tritunggal Mahakudus
Bacaan : Yohanes 3:16-18



Selamat pagi..adik-adik..gimans kabarnya anak Tuhan hari ini?
Kakak mau tanya...setiap kali kita bangun pagi, apa sih yang pertama kali kita lakukan? Kalau kita mau makan juga sebelum makan apa yang kita lakukan? Iya berdoa. Setiap kali kita bangun pagi, mau makan dan sesudah makan, kita mulai kegitan belajar di sekolah pun di awali dan di akhiri dengan berdoa, bukan? Setelah kita selesai beraktivitas sepanjang hari, dan mau istirahat malam juga tak boleh lupa kita berdoa.

Setiap doa kita awali dengan membuat tanda apa adik-adik? Kita awali dengan membuat tanda salib. Mari kita ucapkan bersama-sama, sambil mempraktekan ya...Dalam Nama Bapa...dan Putera dan Roh Kudus Amin. Setiap doa yang kita sampaikan adik-adik selalu kita mengucapkan nama Bapa, Putera dan Roh Kudus. Lewat doa kita selalu diingatkan atas siapa yang telah memberikan kehidupan kita di dunia ini, kita diberikan bumi yang indah, udara yang segar, rahmat kehidupan dan kesehatan..itu semua adalah pemberian dari Allah Bapa. Allah Bapa yang telah mencipatkan bumi beserta segala isinya. Lewat doa yang akan kita ucapkan kita diingatkan untuk selalu bersyurkur dan mensyukuri atas apa yang telah Allah berikan kepada kita.

Setelah kita mengucapkan Dalam Nama Bapa, lalu kita dingatkan oleh penebusan Tuhan kita Yesus Kristus. Segala hal yang akan kita kerjakan, segala permohonan yang akan kita haturkan kepada Allah Bapa, dapat kita sampaikan dengan perantaran Tuhan kita Yesus Kristus. Yesus yang telah mengajarkan kepada kita, untuk menyebut Allah sebagai Bapa, membuat relasi doa dan hubungan kita kepada Bapa menjadi lebih dekat dengan perantaraan Yesus.
Lalu kita juga menyebut demi Nama Roh Kudus. Kalau kita ingat kemaren, kita memperingati hari raya pentakosta, hari raya turunnya roh Kudus. Roh Kudus itulah yang memberikan daya upaya kita untuk mendorong kita selalu berdoa, selalu berusaha.

Adik-adik ketiganya yaitu Allah Bapa, Allah Putera dan Allah Roh Kudus itu disebut Tritunggal Mahakudus. Dan hari ini, gereja memperingatinya sebagai hari raya Tritunggal Mahakudus.

Adik-adik kalau kita, ingin memberikan penghormatan kepada Tritunggal Mahakudus, caranya dengan kita secara khidmat dan pelan-pelan membuat tanda salib sebelum berdoa dengan tidak main-main, dengan tidak tergesa-gesa. Memejamkan mata, dengan menghayati apa yang kita lakuan dengan gerakan tangan yang juga tidak tergesa-gesa.
Mari adik-adik kita coba praktekan ya...membuat tanda salib dengan khidmat dan tidak sembarangan dan main-main. (memakai alternatif lagu membuat tanda salib)



 


kreativitas lain yang berhubungan dengan tema Tritunggal Mahakudus
kreativitas lain dengan tema Tritunggal Mahakudus

1 comment:

Unknown said...

pertama , mau bilang klo sy terbantu sekali dg adanya blog ini, melalui aktivitas dan bahan tpk yg lain, kedua , sy ingin bertanya apakah uda pernah ada aktivitas membuat kalung salib y??thx.GBu.selamat melayani, dan jangan lelah bekerja d ladang Tuhan..

Total Pageviews

Persembahan Hati

Mentega dengan Roti