ku berjuang sampai akhirnya Kau dapati aku tetap setia

Thursday, February 18, 2016

Bahan Pertemuan I APP anak PIA St.Theresia kanak-kanak Yesus Kumetiran 21 Februari 2016

Pertemuan Pertama
Lingkungan Wujud Konkret Gereja “BINTANG MISIONER”
(Yesaya 58:6-8)
Tujuan :
         Anak-anak diajak untuk terlibat dalam masyarakat
                 dengan dibekali iman Katolik
Refleksi :
Sudahkah selama ini saya berperan aktif  dalam kegiatan
di lingkungan?



I. PEMBUKA
A. Lagu Pembuka “Bintang Misioner”


B. Pengantar
- Menyampaikan tema APP 2016 “Jadilah Garam dan Terang Dunia”
- Menyampaikan tentang tema pertemuan Lingkungan Sebagai Wujud Konkret Gereja. Bahwa umat katolik harus hadir di tengah-tengah masyarakat, menjadi garam dan terang.


C. Doa Pembuka (contoh doa pembuka)
(diawali dan dikahiri dengan tanda salib)
Bapa yang maha baik, terima kasih atas rahmatMu. Kami Kau kumpulkan kembali di tempat ini, untuk bersama-sama mendengarkan FirmanMu. Berkati kami Tuhan, agar kami menjadi terang di tengah-tengah lingkungan masyarakart kami, lewat perbuatan-perbuatan kecil yang baru mampu kami lakukan. Terima kasih Tuhan.
Amin

II. PENDALAMAN IMAN
A. Pembacaan Kitab Suci
(Bacaan Yesaya 58:6-8)
Berpuasa yang Kukehendaki, ialah supaya engkau membuka belenggu-belenggu kelaliman, dan melepaskan tali-tali kuk, supaya engkau memerdekakan orang yang teraniaya dan mematahkan setiap kuk, supaya engkau memecah-mecah rotimu bagi orang yang lapar dan membawa ke rumahmu orang miskin yang tak punya rumah, dan apabila engkau melihat orang telanjang, supaya engkau memberi dia pakaian dan tidak menyembunyikan diri terhadap saudaramu sendiri! Pada waktu itulah terangmu akan merekah seperti fajar dan lukamu akan pulih dengan segera; kebenaran menjadi barisan depanmu dan kemuliaan TUHAN barisan belakangmu.


 B. Refleksi
     1. Dalam pendalaman ini pendamping mengajak anak-anak untuk sharing, kegiatan apa  yang pernah dilakukan/ keterlibatan dalam masyarakat.
2. Dalam pendalaman, pendamping mengajak anak-anak untuk mendalami, kitab suci pada hari itu. Yaitu dengan cara bermain peran

C. Kreativitas “Membuat Bintang Misioner”
Alat dan bahan :
- kertas Manila
- alat tulis
- lem
- tali
Cara berkreasi
Buat tiga bintang sesuai pola yang terlampir.
Setiap anak akan mendapatkan tiga buah bintang.
Setiap bintang bagi anak yang sudah bisa menulis, dituliskan dibagian tengah-tengah bintang tentang kegiatan yang dilakukan di lingkungan. Untuk bintang yang kedua dan ketiga juga sama dituliskan kegiatan yang sudah dan akan dilakukan di lingkungan tempat tinggal kita masing-masing. Bisa dituliskan juga aksi yang akan dilakukan setelah selesai mengikuti pertemuan ini.
Untuk anak-anak usia PIUD dan yang belum bisa menulis, dapat kita carikan gambar-gambar tentang aktivitas orang yang dilakukan di lingkungan. Baru gambar ditempel satu persatu di bintang.
Setelah ketiga bintang sudah ditulis dan ditempel, baru ketiga bintang direkatkan satu dengan yang lainnya, dengan cara melipat bintang menjadi dua, yang setengah bagian diberi lem dan digabungkan dengan setengah bintang yang lainnya.
Setelah ketiga bintang menjatu, bagian atas dapat diberi lubang untuk diberi tali, untuk dijadikan hiasan gantungan di kamar. Agar saat kita tidur dapat memandang bintang yang kita buat dan kita selalu ingat bahwa kita harus menjadi bintang di lingkungan tempat tinggal kita dengan melakukan perbuatan-perbuatan yang baik.
Contoh pola Bintang









D. Dana APP

III. PENUTUP
A. Doa Penutup
Tim pendamping membuatkan doa singkat dan dituliskan dalam lembaran. Salah satu anak diminta untuk membacakan anak-anak yang lain menirukan. Doa diawali dengan tanda salib. (bisa dinyanyikan)

  B. Lagu Penutup
Menyanyikan lagu Mari kita pergi (BBT 15)




No comments:

Total Pageviews

Persembahan Hati

Mentega dengan Roti