ku berjuang sampai akhirnya Kau dapati aku tetap setia

Thursday, January 17, 2019

Metode Variasi Bercerita Yesus Mengadakan Mikjizat Pertama Kali

Metode Bercerita Emoticon Kisah Perkawinan Di Kana (Yohanes 2:1-11)

Alat yang dibutuhkan Kitab Suci serta beberapa gambar Emoticon (gambar ada di bawah).
Aktivitas :
Sebelum bercerita kakak pendamping menyampaikan aturan bermainnya. Nanti saat kakak bercerita, di tengah-tengah bercerita kakak akan bertanya kepada adik-adik. Kira-kira ekspresi tokoh cerita yang kakak tanyakan ekpresinya seperti apa ya? (jika anak-anak dibagikan atau disuruh gambar sendiri gambar emoticon anak-anak tinggal mengangkat gambar sesuai dengan ekspresi yang diinginkan atau jika kakak pendamping membuat alat peraga emoticon yang besar, kita tinggal menunjukan beberapa ekspresi gambar, nanti biarlah anak-anak yang memilih dan menjawabnya.


Mulai proses bercerita
Pada hari ketiga ada perkawinan di Kana yang di Galilea, dan ibu Yesus ada di situ; Yesus dan murid-murid-Nya diundang juga ke perkawinan itu.
(kira-kira menurut adik-adik, bagaimana ekspresi keluarga pengantin saat Yesus beserta Ibu sera murid-muridnya hadir? Senang, sedih, marah, biasa saja? )
Lalu adik-adik disuruh memilih ekspresi wajah yang mana yang sesuai dengan imajinasi adik-adik

Ketika mereka kekurangan anggur,
(aduh-adik-adik ternyata keluarga pengantin kehabisan anggur, kira-kira ekspresi dari orang yang bertugas menyediakan hidangan kepada para tamu seperti apa ya?

 Lalu ibu Yesus berkata kepada-Nya: "Mereka kehabisan anggur.”
(kira-kira ekspresi Ibu Yesus saat berkata “mereka kehabisan anggur” seperti apa ya?)

Kata Yesus kepadanya: "Mau apakah engkau dari pada-Ku, ibu? Saat-Ku belum tiba.”
(ekspresi Yesus saat berkata "Mau apakah engkau dari pada-Ku, ibu? Saat-Ku belum tiba” )

Tetapi ibu Yesus berkata kepada pelayan-pelayan: "Apa yang dikatakan kepadamu, buatlah itu!”
(kira-kira ekspresi Ibu Yesus saat berkata kepada pelayan-pelayan itu seperti apa ya?)

Di situ ada enam tempayan yang disediakan untuk pembasuhan menurut adat orang Yahudi, masing-masing isinya dua tiga buyung.
Yesus berkata kepada pelayan-pelayan itu: "Isilah tempayan-tempayan itu penuh dengan air." Dan merekapun mengisinya sampai penuh.
(ekspresi wajah pelayan-pelayan saat disuruh mengisi tempayan-tempayan itu penuh dengan air, ekspresinya seperti apa ya?)

Lalu kata Yesus kepada mereka: "Sekarang cedoklah dan bawalah kepada pemimpin pesta." Lalu merekapun membawanya.
(ekspresi pelayan yang disuruh oleh Yesus, untuk membawa air yang telah mereka isi dalam tempayan kepada pemimpin pesta seperti apa ya? ketakutan atau senangm atau bingung?

Setelah pemimpin pesta itu mengecap air, yang telah menjadi anggur itu?dan ia tidak tahu dari mana datangnya, tetapi pelayan-pelayan, yang mencedok air itu, mengetahuinya?ia memanggil mempelai laki-laki,
dan berkata kepadanya: "Setiap orang menghidangkan anggur yang baik dahulu dan sesudah orang puas minum, barulah yang kurang baik; akan tetapi engkau menyimpan anggur yang baik sampai sekarang.”
(ekspresi pemimpin pesta saat berkata kepada mempelai laki-laki seperti apa ya?)

Hal itu dibuat Yesus di Kana yang di Galilea, sebagai yang pertama dari tanda-tanda-Nya dan dengan itu Ia telah menyatakan kemuliaan-Nya, dan murid-murid-Nya percaya kepada-Nya.

contoh-contoh emoticon





No comments:

Total Pageviews

Persembahan Hati

Mentega dengan Roti